Bookmark

Rahasia Merebus Daging Agar Cepat Empuk Tanpa Bau: Hanya Butuh Waktu 12 Menit Saja

rahasia merebus daging agar cepat empuk

Daging merupakan bahan makanan yang banyak diolah menjadi berbagai hidangan nikmat. Banyak orang suka olahan daging karena rasanya yang gurih dan juicy, biasanya daging di olah dengan penggunaan rempah dan bumbu untuk memperkaya rasa. Tetapi lebih penting lagi untuk mengolahnya dengan benar agar mendapatkan kenikmatannya, salah satunya memastikan tekstur daging yang matang, empuk, lembut saat dikunyah dan tidak bau.

Untuk mendapatkan tektsur daging yang empuk dan tidak bau memang lumayan susah, umumnya untuk merebus agar empuk menggunakan panci presto atau direbus selama berjam-jam di atas api yang mungkin boros gas. Sebenarnya ada rahasia yang lebih cepat mengeolah daging agar cepat empuk dan tidak bau, bahkan membutuhkan waktu hanya 12 menit saja dalam perebusannya. Berikut ini adalah rahasia merebus daging agar cepat empuk dan tips sederhana untuk menghilangkan bau.

Rahasia Merebus Daging Cepat Empuk

Menggunakan banyak gas saat merebus daging dalam jumlah besar bisa membuat penggunaan gas kompor menjadi lebih boros dari biasanya. Solusi untuk itu yang dapat kamu coba untuk merebus daging lebih efisien dan efektif, yaitu dengan menggunakan metode memasak 5-30-7. Konsep angka 5-30-7 ini mengacu pada metode memasak di mana daging dimasak selama 5 menit, kemudian api kompor dimatikan dan panci ditutup rapat selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, daging dimasak kembali selama 7 menit.

Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo, menjelaskan bahwa metode ini sangat efisien dalam menghemat biaya terutama gas yang digunakan. Teknik ini pada dasarnya merupakan teknik blanching, di mana makanan dimasukkan ke dalam air mendidih dalam waktu yang singkat. Untuk menerapkan metode 5-30-7 ini, pertama-tama siapkan panci yang diisi dengan air dan didihkan air hingga mencapai titik didih. Kemudian, masukkan daging ke dalam panci berisi air mendidih dan masak selama 5 menit. Setelah itu, matikan api kompor dan tutup panci rapat-rapat, biarkan daging tetap dalam panci selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, nyalakan kembali api kompor dan masak daging selama 7 menit.

Penting untuk menjaga agar panci tetap tertutup rapat selama proses memasak untuk memastikan sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci, sehingga daging menjadi empuk. Dengan menggunakan uap air yang terperangkap di dalam panci, proses pemasakan daging akan terus berlangsung bahkan setelah api kompor dimatikan selama 30 menit. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa panci selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup.

Disarankan juga untuk menggunakan panci dengan bahan yang tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging yang lebih empuk dengan metode 5-30-7.

Tips Mengolah Daging Agar Tidak Bau

Cara agar daging tidak bau adalah dengan memperhatikan kebersihannya terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan daging tidak dianjurkan dibersihkan menggunakan air mengalir dari keran karena justru bisa menimbulkan aroma amis dan akan ada bakteri yang menempel. Saat membersihkan daging sapi disarankan untuk membersihkannya dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu khusus makanan atau lap bersih.

Jika ingin semakin bersih dan membuat daging empuk dan aroma bau berkurang, bisa diberikan perasan jeruk lalu merebusnya di air mendidih sebanyak dua sampai tiga kali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sisa kotoran atau darah yang menempel sehingga daging akan mudah menjadi empuk dan tidak bau.
Posting Komentar

Posting Komentar